Samsung Hadirkan Inovasi Gambar Resolusi Tinggi, ISOCELL HP2

- Rabu, 25 Januari 2023 | 21:04 WIB
Samsung hadirkan inovasi sensor gambar 200 MP untuk pengalaman kamera yang epik. (Dok.Samsung)
Samsung hadirkan inovasi sensor gambar 200 MP untuk pengalaman kamera yang epik. (Dok.Samsung)

JAKARTADAILY.ID - Bagi generasi masa kini, kehadiran kamera yang bisa menghasilkan kualitas gambar prima dalam sebuah smartphone menjadi salah satu kebutuhan. Dengan kualitas gambar yang jernih dan bening, dapat membantu menunjang aktivitas harian dan memberi pengalaman fotografi terbaik.

Seiring itu, Samsung Electronics memperkenalkan sensor gambar 200MP terbarunya, ISOCELL HP2, yang mengusung teknologi piksel dan kapasitas terbarukan untuk tangkapan gambar yang luar biasa pada smartphone premium generasi terbaru.

Samsung ISOCELL HP2 manfaatkan teknologi sensor gambar beresolusi tinggi serta expertise terbarukan untuk menciptakan detail gambar yang epik. Kepemimpinan ini hadir berkat teknologi piksel inovatif yang memungkinkan sensor kami untuk melampaui jumlah dan ukuran piksel yang terbayangkan. Ke depan, kami akan terus membuka cakrawala baru dan menegaskan posisi kami di sektor sensor gambar beresolusi tinggi yang terus berkembang ini,” ujar Executive Vice President of Sensor Business Team, Samsung Electronics Joon Seo Yim, dalam keterangan yang diterima Jakarta Daily, Rabu, 25 Januari 2023.

Baca: Sederet Fitur Awesome Samsung Galaxy A14 5G, Cocok Buat Ngonten, Mabar dan Streaming

ISOCELL HP2 membungkus 200 juta piksel berukuran 0,6μm dalam format optik 1/1,3”–ukuran sensor yang banyak digunakan di kamera utama 108MP pada smartphone. Jadi, pengguna bisa menikmati resolusi yang lebih tinggi lagi di smartphone high-end terbaru tanpa tonjolan kamera di perangkat yang lebih besar.

Berbekal teknologi pixel-binning terbarukan dari Samsung, Tetra2pixel, ISOCELL HP2 membuat kamera jadi lebih serbaguna berkat kemampuan dalam mensimulasikan ukuran piksel yang berbeda demi menghadapi berbagai tingkat pencahayaan.
Pada kondisi low-light, sensor akan beradaptasi menjadi sensor gambar 1,2μm 50MP atau 2,4μm 12,5MP dengan mengikat 4 hingga 16 piksel terdekatnya. Untuk perekaman 8K yang lebih baik, kurang lebih pada resolusi 33MP, ISOCELL HP2 akan menggunakan mode 1,2μm 50MP untuk menangkap lebih banyak hal dalam satu frame dan meminimalkan pemotongan rasio gambar.

Dengan perekaman 8K pada 30fps, ditambah bidang pandang yang luas dan ukuran piksel yang lebih besar, pengguna bisa menciptakan video yang lebih tajam dan cinematic.

Sekarang, gambar yang pudar atau warnanya memutih akibat kondisi cahaya yang terlalu terang bisa teratasi dengan ISOCELL HP2 berkat teknologi terbaru Samsung, yaitu Dual Vertical Transfer Gate (D-VTG). Dalam memproses gambar, sebuah piksel memiliki ‘gerbang’ yang mengalirkan arus listrik, termasuk elektron, agar sensor dapat menampilkan apa yang ditangkap oleh kamera.

Dalam hal ini, dengan tingkat presisi yang tinggi, D-VTG memberikan ‘gerbang’ aliran arus listrik kedua yang meningkatkan kapasitas tertinggi pada piksel hingga lebih dari 33 persen. Dengan lebih banyak elektron yang bisa disimpan dan arus perpindahan yang lebih efisien, metode ini mampu mengurangi overexposure dan meningkatkan reproduksi warna, termasuk saat memotret dengan kondisi cahaya yang terang benderang.

Halaman:

Editor: Priyanto Sukandar

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Tujuh Cara Mempercepat Android Lama

Senin, 2 Januari 2023 | 19:20 WIB

Samsung Galaxy A53 5G Bikin Foto Menjadi Estetik

Sabtu, 26 November 2022 | 22:22 WIB
X