Tingkatkan Wisatawan ke Indonesia, Batik Air Segera Buka Rute Penerbangan Bali-Singapura pada April Mendatang

- Senin, 27 Februari 2023 | 23:10 WIB
Ilustrasi maskapai penerbangan Batik Air. (Dok.Batik Air)
Ilustrasi maskapai penerbangan Batik Air. (Dok.Batik Air)

JAKARTADAILY.ID - Pemerintah bertekad meningkatkan arus wisatawan, dimana wisatawan mancanegara diharapkan mencapai 7,4 juta orang dan wisatawan nusantara dapat mencapai 1,2 miliar pergerakan di tahun ini.

Dan Bali sebagai destinasi wisata populer di Indonesia mulai kembali bergeliat pasca pandemi Covid-19. Data BPS pada Februari 2023 melaporkan, kedatangan jumlah wisatawan ke Bali pada Desember 2022 mencapai 377.276 kunjungan. Angka ini meningkat 31,27 persen dibandingkan November 2022.

Seiring itu, dalam rangka mendukung program pemerintah, maskapai Batik Air--bagian dari Lion Air Group--pada April 2023 merencanakan membuka rute internasional berjadwal baru dari Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Bali (DPS) menuju Bandara Internasional Changi di Singapura (SIN).

Corporate Communications Strategic of Batik Air, Danang Mandala Prihantoro, mengatakan pembukaan penerbangan langsung Batik Air dari Bali ke Singapura, memberikan lima manfaat cukup besar bagi berbagai pihak.

Baca: Dukung F1 Powerboat di Danau Toba, Batik Air Sediakan 15.912 Kursi Penerbangan ke Sumatera Utara

"Pertama, kemudahan akses wisatawan dan pelaku bisnis. Bali merupakan salah satu destinasi wisata terpopuler di Indonesia dan Singapura dikenal sebagai salah satu kota besar di Asia Tenggara. Penawaran menarik ini akan memudahkan para wisatawan untuk melakukan perjalanan ke kedua destinasi tersebut tanpa harus transit atau melakukan perjalanan melalui kota-kota lain," ujar Danang di Jakarta, Senin, 27 Februari 2023.

Kedua, potensi pengembangan pariwisata dan pendidikan: penerbangan langsung Batik Air nantinya mampu mendongkrak jumlah wisatawan yang berkunjung ke Bali dan Singapura. Batik Air mendukung program pemerintah mendatangkan turis asing dengan program Bangga Berwisata di Indonesia (BBWI).

Ketiga, memperkuat hubungan bilateral: Indonesia dan Singapura memiliki hubungan bilateral kuat dalam berbagai bidang, termasuk di bidang ekonomi, sosial budaya, pendidikan dan pariwisata.

Baca: Batik Air Travel Fair, Permudah Wisatawan dan Pebisnis Menuju Destinasi Domestik dan Internasional

Keempat, kontribusi dalam peningkatan ekonomi: optimis dari pertumbuhan jumlah wisatawan yang berkunjung ke Bali dan Singapura, dapat meningkatkan kontribusi sektor pariwisata terhadap perekonomian kedua destinasi. "Adanya penerbangan langsung Batik Air dapat memperlancar mobilitas antara kedua negara serta berpotensi meningkatkan perdagangan dan investasi antara Indonesia dan Singapura."

Kelima, para wisatawan juga dapat memanfaatkan koneksi penerbangan internasional di Singapura untuk melanjutkan perjalanan ke kota-kota lain di dunia. Melalui Bali, wisatawan mancanegara akan terhubung langsung ke Lombok, Bima, Sumbawa, Waingapu, Tambolaka, Kupang, Labuan Bajo, Manado, Australia dan kota tujuan lainnya.
***

Baca juga kumpulan berita terkini lainnya dari Jakarta Daily melalui Google News

Editor: Priyanto Sukandar

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X