Profil dan Skuad Piala Dunia 2022: Serbia Berharap Kecemerlangan Legiun Serie A

- Senin, 28 November 2022 | 16:57 WIB
Tim nasional Serbia. (qna.org)
Tim nasional Serbia. (qna.org)

JAKARTADAILY.ID - Sejak Serbia dan Montenegro berpisah tahun 2006, negara dengan ibu kota Belgrade ini tiga kali tampil di Piala Dunia. Dua partisipasi sebelumnya, Afrika Selatan 2010 dan Rusia 2018, mereka selalu kandas di babak penyisihan grup. Di kesempatan ketiga di Qatar, anak asuh Dragan Stojković ingin memperbaiki catatan rekor mereka.

Serbia lolos langsung ke Piala Dunia 2022 dengan memuncaki klasemen Grup A kualifikasi zona Eropa. Mereka memaksa Portugal ikut babak play off.

Namun di pertandingan perdana Grup G, Aleksandar Mitrović dan kawan-kawan ditekuk 0-2 oleh Brasil. Bayang-bayang kegagalan dua partisipasi sebelumnya kembali mencuat.

Laga kedua melawan Kamerun di Stadion Al Janoub, Senin, 28 November 2022, Serbia berharap kepada para legiun Serie A. Mereka memiliki penyerang muda Dušan Vlahović yang bersinar bersama Juventus, Luka Jović di Fiorentina, gelandang Saša Lukić di Torino, dan Sergej Milinković-Savić yang merumput di Lazio.

Kedua tim sama-sama kalah dalam laga perdana mereka. Karena itu, laga kedua ini, Serbia wajib menang jika ingin tetap bertahan di Qatar.

Pelatih Dragan Stojković diperkirakan bakal menampilkan permainan terbuka seperti saat melawan Brasil. Namun kali ini, Dušan Vlahović akan diturunkan sejak menit awal bersama Aleksandar Mitrović.

Rekor pertemuan Serbia dengan tim-tim Afrika terbilang cukup baik. Elang Serbia menang empat kali dan hanya kalah dua kali saat menghadapi tim dari negara-negara Afrika. Dalam laga persahabatan tahun 2010, Serbia menang tipis 4-3 atas Kamerun.

Baca: Gol Akrobatik Richarlison Antar Brasil Taklukkan Serbia 2-0

Dengan banyaknya materi pemain muda yang berkancah di Liga Italia, Inggris dan Spanyol, Serbia diperkirakan akan memperpanjang rekornya atas Kamerun.

Halaman:

Editor: Priyanto Sukandar

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Dukung LGBTQ, Petinju Ini Malah Kalah KO Ronde 4

Minggu, 22 Januari 2023 | 14:14 WIB

Bursa Caketum PSSI, Menteri BUMN Lawan Ketua DPD

Minggu, 15 Januari 2023 | 10:35 WIB

Kongres Biasa 2023 PSSI Digelar Siang Hari Ini

Minggu, 15 Januari 2023 | 09:50 WIB
X