Profil Ritsu Doan dan Takuma Asano, Pemain Bundesliga yang Menaklukkan Jerman

- Rabu, 23 November 2022 | 23:40 WIB
Takuma Asano (18) melakukan selebrasi usai mencetak gol kedua Jepang yang membawa Samurai Biru menang 2-1 atas Jerman. (Tangkapan layar Livescore)
Takuma Asano (18) melakukan selebrasi usai mencetak gol kedua Jepang yang membawa Samurai Biru menang 2-1 atas Jerman. (Tangkapan layar Livescore)

JAKARTADAILY.ID - Pantang menyerah. Semangat Bushido ini ditampilkan Jepang saat mereka membalikkan keadaan dalam laga melawan Jerman dalam partai pembuka Grup E Piala Dunia 2022 di Stadion Internasional Khalifa, Rabu, 23 November 2022.

Anak asuh Hajime Moriyasu sama sekali tidak gentar menghadapi nama besar Jerman, sebagai kampiun empat kali Piala Dunia.

Pada babak pertama, Jepang langsung menggebrak. Lewat serangan cepat, Daizen Maeda sempat mencetak gol di menit-menit awal. Namun wasit menyatakan offside. Meski demikian pasukan Samurai Biru tidak patah arah.

Jerman yang dimotori oleh Joshua Kimmich, Thomas Müller dan İlkay Gündoğan mencoba menguasai permainan melalui umpan-umpan pendek. Pada menit ke-31, Kimmich melepaskan umpan kepada David Raum, namun kiper Suichi Gonda melakukan pelanggaran terhadap Raum.

Wasit Ivan Barton asal El Salvador pun menunjuk titik putih. Penalti untuk Jerman. Gündoğan yang ditunjuk sebagai algojo tidak menyia-nyiakan kesempatan ini. Jerman pun unggul 1-0 pada menit 33.

Jerman sempat menambah keunggulan pada babak pertama perpanjangan waktu. Kai Havertz berhasil menceploskan bola ke gawang yang sudah kosong, setelah menerima umpan dari Kimmich. Tapi video assistant referee menunjukkan striker Jerman itu berada dalam posisi offside.

Babak kedua, Jepang keluar menyerang. Pada menit ke 75, Kaoru Mitoma mengkreasi serangan. Ritsu Doan yang bermain di SC Freiburg, langsung menghajar gawang Manuel Neuer. Goooolllll. Jepang menyeimbangkan kedudukan 1-1.

Baca: Samurai Biru Jepang Pecahkan Ketangguhan Panzer Jerman, Menang 2 - 1

Delapan menit berselang, Jepang melakukan serangan balik yang cepat. Lagi-lagi pemain Bundesliga lainnya, Takuma Asano berlari menggiring bola. Upaya Neuer untuk menutup celah berhasil dimanfaatkan dengan cerdik oleh pemain VfL Bochum itu. Gooollll. Jepang pun membalikkan keadaan dengan unggul 2-1.

Halaman:

Editor: Priyanto Sukandar

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Serbia dan Kamerun Pesta Gol 3-3

Senin, 28 November 2022 | 21:05 WIB

Aksi Andrej Kramaric Pulangkan Kanada dari Qatar

Senin, 28 November 2022 | 01:51 WIB

Singa Atlas Maroko Terkam 'Setan Merah' Belgia 2-0

Senin, 28 November 2022 | 01:06 WIB

Keysher Fuller Batalkan Mimpi Jepang ke 16 Besar

Minggu, 27 November 2022 | 19:38 WIB
X