Profil dan Skuad Piala Dunia 2022: Singa Atlas Maroko Ingin Mengaum Seperti 36 Tahun Lalu

- Rabu, 23 November 2022 | 17:54 WIB
Tim nasional Maroko. (qna.org)
Tim nasional Maroko. (qna.org)

JAKARTADAILY.ID - Maroko datang ke Piala Dunia 2022 dengan tekad besar. Ingin mengulang auman mereka saat Piala Dunia 1986 di Meksiko. Ketika itu, Maroko yang tergabung di Grup F, berhasil menahan imbang Polandia dan Inggris. Dan menang 3-1 atas Portugal. Mereka pun memuncaki klasemen dan menjadi tim jazirah Arab pertama yang lolos ke babak 16 besar. Di fase ini, mereka menyerah 0-1 dari Jerman Barat.

Beberapa minggu menjelang turnamen, tim berjuluk Singa Atlas sempat direpotkan soal pergantian pelatih. Dari Vahid Halilhodzic dari Bosnia dipecat setelah berseteru dengan bintang mereka, Hakim Ziyech. Mereka lalu menunjuk pelatih lokal Walid Regragui.

Walid berusaha menyatukan barisan dengan memanggil pemain yang malang melintang di kompetisi Eropa, seperti Achraf Hakimi di Paris Saint-Germain, Hakim Ziyech dari Chelsea, Younes Belhanda di Adana Demirspor Turki, Sofyan Amrabat yang bermain di Fiorentina, Italia, hingga kiper Yassine Bounou yang brilian bersama Sevilla, Spanyol. Bahkan musim lalu, ia mendapat penghargaan Zamora--anugerah penjaga gawang terbaik di La Liga Spanyol.

Maroko datang ke Piala Dunia 2022 dengan catatan apik. Mereka mengumpulkan 18 poin dengan mencetak 20 gol dan hanya kebobolan satu gol. Dalam laga penentuan, Singa Atlas mengaum dengan melumat Republik Demokratik Kongo 4-1 untuk merebut jatah tiket ke Qatar.

Baca: Profil Tim Kroasia di Piala Dunia 2022: Menanti Sentuhan Magis Luka Modric

Maroko tergabung di Grup F Piala Dunia 2022, yang akan menghadapi Kroasia pada 23 November di Stadion Al Bayt, kemudian Belgia pada 27 November di Stadion Al Thumama, dan terakhir menghadapi Kanada pada 1 Desember di Stadion Al Thumama.

Catatan mereka melawan tim-tim Eropa terbilang bagus. Pada debutnya di Piala Dunia 1970, Maroko berhasil menahan imbang tim asal Eropa Timur, Bulgaria dengan skor 1-1. Di Piala Dunia 1998, Maroko berhasil mengandaskan Skotlandia dengan skor 3-0.

Enam kali penampilan di Piala Dunia, tentu anak asuh Walid Regragui tidak ingin bernasib seperti empat tahun lalu di Rusia. Ketika itu, mereka menjadi juru kunci dalam grup yang ditempati Spanyol, Portugal dan Iran.

Melansir dari Qatar News Agency, federasi sepak bola Maroko mengatakan meski berada di grup sulit, sepak bola selalu kerap dengan kejutan. Mereka telah mempersiapkan diri sebaik mungkin dengan memilih Wyndham Doha West Bay sebagai markas tim dan berlatih di Stadion Al Duhail Sports Club.

Kita tunggu saja kiprah Maroko dalam penampilan keenam mereka. Apakah Singa Atlas dapat mengaum atau justru kehilangan taringnya?

Profil Tim Nasional Maroko:
- Royal Moroccan Football Federation berdiri 1956
- Bergabung FIFA tahun 1960
- Peringkat FIFA: 22 (Oktober 2022)
- Piala Dunia: 6 (1970, 1986, 1994, 1998, 2018 dan 2022)
- Prestasi: 16 Besar Piala Dunia 1986

Pemain kunci:
Hakim Ziyech. Gelandang yang bermain di klub Chelsea ini merupakan daya gedor tim Singa Atlas Maroko. Setelah comeback ke tim nasional, dalam laga uju coba jelang Piala Dunia, Ziyech membawa Maroko menang 2-0 atas Chile. Mengalahkan Georgia dengan skor 3-0, dimana ia berhasil mencetak dua gol. Kemampuannya diperlukan untuk bersaing di Grup F Piala Dunia 2022.

Keunggulan:
- Banyak pemain yang berkompetisi di klub-klub top Eropa.
- Mayoritas berada di usia matang. Stamina dan kematangan diperlukan dalam berlaga di Piala Dunia.

Baca: Laga Perdana Grup A-D Piala Dunia 2022: Delapan Pertandingan, Hasilkan 22 Gol

Halaman:

Editor: Priyanto Sukandar

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X