Sekali Menang, Sekali Imbang dan Sekali Kalah, Garuda Muda Harus Pulang dari Piala Asia U20

- Rabu, 8 Maret 2023 | 01:10 WIB
Skuad Timnas U20 Indonesia di Piala Asia U20 tahun 2023 di Uzbekistan. (AFC Official)
Skuad Timnas U20 Indonesia di Piala Asia U20 tahun 2023 di Uzbekistan. (AFC Official)

JAKARTADAILY.ID - Perjuangan tim nasional U20 Indonesia untuk berkiprah lebih lanjut di AFC U20 Asian Cup alias Piala Asia U20 harus berakhir. Dalam laga pamungkas, Selasa malam, 7 Maret 2023, Garuda Muda ditahan imbang tanpa gol oleh tuan rumah Uzbekistan di Stadion Istiglol, Fergana.

Awal babak pertama, Ronaldo Kwateh dan kawan-kawan dikejutkan dengan serangan tuan rumah lewat serangan yang dipimpin Abbosek Fayzzulaev. Namun tendangannya bisa diantisipasi kiper timnas U20 Daffa Fasya.

Garuda Muda mencoba menggedor pertahanan Uzbekistan melalui Hugo Samir, namun tendangannya masih melebar. Hingga babak pertama skor imbang tanpa gol.

Di babak kedua, anak asuh Shin Tae Yong mencoba menekan mengingat di pertandingan lain Grup A, Irak unggul sementara atas Suriah dengan skor 1-0. Uzbekistan sebagai tuan rumah pun balik menekan untuk mendulang hasil sempurna, sembilan poin, setelah menang lawan Suriah dan Iraq. Namun hingga peluit akhir, skor tetap imbang 0-0.

Baca: Piala Asia U20: Bermain 10 Orang, Iraq Pukul Timnas Garuda Muda 2-0 di Stadion Lokomotiv Tashkent

Dengan hasil imbang tersebut, Timnas U20 hanya mengantongi empat poin, hasil sekali menang atas Suriah (0-1), sekali imbang lawan Uzbekistan, dan sekali kalah yaitu 0-2 dari Iraq di pertemuan pertama.

Starting Eleven Timnas U20 Indonesia.
Starting Eleven Timnas U20 Indonesia. (PSSI)

Sementara itu, di pertandingan yang sama, Iraq ditahan imbang 1-1 oleh Suriah. Dengan keseluruhan pertandingan di Grup A, Uzbekistan memimpin klasemen dengan tujuh poin, disusul Iraq dengan empat poin namun unggul satu gol dari Indonesia. Garuda Muda berada di peringkat ketiga dengan empat poin dan minus satu gol. Sedangkan Suriah berada di dasar klasemen dengan satu poin.

Laga di Piala Asia U20 bisa menjadi bahan pembelajaran bagi Garuda Muda yang akan menjadi tuan rumah Piala Dunia U20 pada 20 Mei-11 Juni 2023 mendatang.

Baca: Kongres Luar Biasa KOI Nobatkan Presiden Jokowi Sebagai Bapak Olahraga Indonesia

Barisan lini tengah untuk menyuplai bola ke bagian depan, dan kedisplinan pertahanan harus dibenahi agar tidak menjadi lumbung gol bagi tim-tim unggulan nanti seperti dari Amerika Selatan seperti Brasil dan Uruguay, juga tim kuat asal Eropa seperti Prancis, Inggris dan Italia. Jangan lupa kehadiran tim asal Afrika seperti Nigeria dan Senegal.

Piala Dunia U20 di Indonesia tahun ini, merupakan keikutsertaan kali kedua setelah yang pertama kali tahun 1979 di Tokyo, Jepang. Tentunya, kita tidak ingin Garuda Muda mengulangi kiprah timnas muda 44 tahun silam, dimana Indonesia berada di posisi juru kunci tanpa mencetak gol dan kebobolan 16 gol.

Hasil akhir 0-0 antara Timnas U20 Indonesia vs Timnas U20 Uzbekistan di Piala Asia U20.
Hasil akhir 0-0 antara Timnas U20 Indonesia vs Timnas U20 Uzbekistan di Piala Asia U20. (PSSI)

Ketika itu, Diego Maradona yang akhirnya menjuarai Piala Dunia U20 tahun 1979, di partai perdana, membawa Argentina menekuk Indonesia muda dengan skor telak 5-0. Di laga kedua, Bambang Nurdiansyah dan kawan-kawan dicukur 0-6 oleh Polandia dan laga terakhir dibekap 5-0 oleh Yugoslavia.

Halaman:

Editor: Bona Cipto Ventura

Tags

Terkini

X