Begini Upaya Dinkes Jawa Barat Tanggulangi KLB Campak di Kabupaten Bogor dan Bandung Barat

- Rabu, 25 Januari 2023 | 20:23 WIB
Plt. Kepala Dinas Kesehatan Jabar Nina Susana.  (jakartadaily.id/Dinkes Jabar.)
Plt. Kepala Dinas Kesehatan Jabar Nina Susana. (jakartadaily.id/Dinkes Jabar.)

 

 

JAKARTADAILY.ID - Pemda Provinsi Jawa Barat melalui Dinas Kesehatan Jabar menggulirkan sejumlah upaya penanggulangan Kejadian Luar Biasa (KLB) Campak di dua daerah di Jabar, yakni Kabupaten Bogor dan Kabupaten Bandung Barat.

Plt. Kepala Dinas Kesehatan Jabar Nina Susana menuturkan, upaya penanggulangan KLB Campak di dua daerah tersebut berdasarkan hasil analisis dan rekomendasi hasil penyelidikan KLB untuk meminimalisasi jumlah penderita.

Adapun caranya dengan melakukan tata laksana kasus, melakukan komunikasi risiko kepada masyarakat dan pengambil kebijakan, serta pelaksanaan respons imunisasi segera (outbreak response imunization/ORI) berdasarkan hasil kajian epidemiologi.

Baca Juga: Jenguk Pengemudi Ojol yang Alami Patah Tulang Kaki di Garut, Wagub Jabar Ingatkan Masyarakat Pentingnya BPJS

ORI sendiri dilakukan untuk menghentikan transmisi Campak dengan cara meningkatkan kekebalan sehingga KLB dapat ditanggulangi.

"Berdasarkan laporan dari kabupaten/kota, dua daerah yang menyatakan telah masuk kriteria peningkatan kasus/KLB yaitu Kabupaten Bogor dan Kabupaten Bandung Barat," kata Nina.

"Mungkin kasus juga ditemukan di daerah lain, tapi ada kemungkinan tidak ditemukan dan dilaporkan sehingga kita tidak mengetahuinya. Selama bisa ditangani dengan baik, dengan mengobati gejala dan memberikan perlindungan atau imunisasi bagi anak-anak sesuai usianya dan tidak menimbulkan kematian, maka wabah tersebut masih bisa dikendalikan," imbuhnya.

Halaman:

Editor: Charles Yohanes

Tags

Artikel Terkait

Terkini

9 Manfaat Mengkonsumsi Holisticare Ester C

Senin, 26 Desember 2022 | 10:19 WIB
X