Catatkan Pertumbuhan 55 persen, Angkasa Pura I Layani 5,3 Juta Penumpang pada April 2023

- Selasa, 16 Mei 2023 | 16:56 WIB
Penumpang pesawat.(Foto/dok/AP I)
Penumpang pesawat.(Foto/dok/AP I)

JAKARTADAILY.ID – PT Angkasa Pura I mencatat telah melayani 5,3 juta penumpang sepanjang April 2023. Angka ini mengalami pertumbuhan 55 persen dibandingkan April 2022 yang mencapai 3,4 juta penumpang.

Sedangkan untuk pergerakan pesawat udara, Angkasa Pura I mencatat melayani sebanyak 44.988 pergerakan, atau tumbuh sebesar 11 persen dibandingkan dengan jumlah pergerakan pesawat pada periode yang sama pada tahun lalu mencapai 40.572 pergerakan.

“Kami sangat bangga dan bersyukur bahwa Angkasa Pura I tetap mempertahankan pertumbuhan double digit atau di atas rata-rata pertumbuhan industri aviasi. Ini menjadi tren positif karena perusahaan terus memberikan performa yang baik sepanjang 2023,” ujar Direktur Utama Angkasa Pura I Faik Fahmi dalam keterangan resmi, Selasa, 16 Mei 2023.

Baca Juga: Test Commissioning KCJB akan Segera Dilaksanakan, Masyarakat Dilarang Beraktivitas di Sekitar Jalur KCJB

Faik menjelaskan 5,3 juta penumpang pada April 2023 terdiri dari 4,2 juta penumpang rute domestik dan 1,1 juta penumpang rute internasional. Khusus penumpang rute internasional, jumlahnya terus mengalami peningkatan setiap bulannya sesuai dengan pertumbuhan penumpang internasional se-Indonesia.

Hal ini sesuai dengan data yang disampaikan International Air Transport Association (IATA) bahwa pada Januari-Februari 2023, Indonesia merupakan negara yang memiliki recovery rate penumpang internasional tertinggi di region Asia Pasifik.

Pertumbuhan recovery rate penumpang internasional Indonesia di atas Thailand, salah satu negara yang memiliki jumlah penumpang internasional terbesar di Asia Pasifik.

Baca Juga: Lion Air Group Wajibkan Penumpang Cantumkan Nomor HP yang Terkoneksi WA dan e-Mail Saat Beli Tiket

“Ini menjadi pertanda baik bahwa Angkasa Pura I sebagai gerbang udara domestik maupun internasional harus selalu menjaga pertumbuhan double digit dengan terus menjaga dan meningkatkan service excellence kepada seluruh pengguna jasa bandara,” tutup Faik Fahmi. (***)

 

Editor: Mukhtar Wijaya

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X