Presiden Jokowi Dukung Rencana Pemda Bangun Pasar Induk Beras di Sulawesi Selatan

- Kamis, 30 Maret 2023 | 23:46 WIB
Presiden usai meninjau ketersediaan stok beras di Gudang Bulog Batangase. (Foto: Indonesia.jakartadaily.id/BPMI Setpres)
Presiden usai meninjau ketersediaan stok beras di Gudang Bulog Batangase. (Foto: Indonesia.jakartadaily.id/BPMI Setpres)

 

JAKARTADAILY.ID - Rencana Pemerintah Daerah Provinsi Sulawesi Selatan  untuk membangun pasar induk beras mendapat sambutan positif dari Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Hal tersebut disampaikan Presiden usai meninjau ketersediaan stok beras di Gudang Bulog Batangase, Kabupaten Maros, Provinsi Sulawesi Selatan, pada Kamis, 30 Maret 2023.

“Ya bagus, kalau ada pasar induk itu mengontrolnya mengontrol stok, mengontrol perputaran uang di perberasan menjadi lebih mudah. Seperti kita punya pasar induk di Cipinang stoknya harus berapa, bulan ini harus berapa menjadi jelas,” kata Presiden.

Baca Juga: Presiden Jokowi Sebut Maros Lumbung Beras Sulsel, Surplus Panen Bisa untuk Daerah Lain

Menurut Presiden, adanya pasar tersebut akan memudahkan daerah untuk mengontrol ketersediaan beras di sana. Selain itu, pasar tersebut akan memudahkan para petani dalam menjual hasil pertaniannya.

“Di sini pun juga gitu kalau nanti ada pasar induk itu akan memudahkan petani untuk menjualnya di mana, memudahkan Sulawesi Selatan untuk menentukan ini bisa dijual keluar atau di stok untuk kebutuhan sendiri menjadi jelas,” kata Presiden.

Sementara itu, penyerapan beras oleh Bulog pada tahun ini khususnya di Sulawesi Selatan mengalami penurunan yang cukup drastis jika dibandingkan tahun lalu.

Baca Juga: Tanggapan PDI Perjuangan Atas Pembatalan Indonesia Tuan Rumah Piala Dunia U-20

Penurunan tersebut, menurut Presiden, disebabkan karena penyerapan beras dari Provinsi Sulawesi Selatan ke provinsi lain meningkat tinggi.

“Memang ada penurunan yang lumayan drastis. Biasanya Maret itu sampai 40 ribu, 50 ribu, ini baru pada bulan yang sama baru 6 ribu ton,” ujar Presiden kepada awak media.

Secara nasional, pemerintah menargetkan target penyerapan cadangan beras pemerintah (CBP) oleh Bulog pada tahun ini mencapai 2,4 juta ton.

Baca Juga: Indonesia Batal Jadi Tuan Rumah Piala Dunia, Timnas U-20 Kenakan Pita Hitam Simbol Matinya Mimpi Tunas Muda

Presiden Jokowi pun mengatakan bahwa pemerintah akan terus berupaya untuk memastikan kembali ketersediaan beras di seluruh provinsi di Indonesia.

Halaman:

Editor: Charles Yohanes

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X