Enam F-16 TNI AU Tiba di Manado Siap Menghadapi F-35 Australia di Elang Ausindo 2023

- Minggu, 17 September 2023 | 22:05 WIB
Pilot F-16 Fighting Falcon TNI Angkatan Udara siap menghadapi pilot F-35 RAAF dalam latma Elang Ausindo 2023. (Dispenau)
Pilot F-16 Fighting Falcon TNI Angkatan Udara siap menghadapi pilot F-35 RAAF dalam latma Elang Ausindo 2023. (Dispenau)

JAKARTADAILY.ID - Enam pesawat tempur F-16 Fighting Falcon TNI Angkatan Udara dari Skadron Udara 3 "The Dragon" dan Skadron Udara 14 "The Tiger" Lanud Iswahjudi, Madiun, tiba dengan gemilang di Lanud Sam Ratulangi, Manado, dalam rangka melaksanakan Air Manuever Exercise (AMX) Latma Elang Ausindo, Minggu, 17 September 2023.

Rombongan yang dipimpin oleh Danskadud 3 Letnan Kolonel Penerbang Pandu "Hornet" Eka Prayoga, disambut oleh Komandan Lanud Sam Ratulangi, Marsekal Pertama TNI Muhammad Mudjib, beserta para pejabat Lanud Sam Ratulangi, perwakilan Angkatan Udara Australia (RAAF) dan pejabat Komando Latihan.

Latma Elang Ausindo 2023 yang dijadwalkan akan berlangsung selama dua pekan ke depan, akan melatih beragam materi latihan pertempuran udara secara internal, termasuk Dissimilar Basic Fighter Manuever, Dissimilar Air Combat Manuever, Offensive Counter Air, dan Defensive Counter Air.

Baca: Pilot F-35 Australia Ajak Penerbang F-16 TNI Angkatan Udara Latih Tanding di Elang Ausindo 2023

Para penerbang tempur TNI AU dari Skadron Udara 3 dan Skadron Udara 14 sangat antusias dan siap untuk berlatih tempur di udara menghadapi rekan- rekan mereka dari RAAF.

Pesawat F-16 Fighting Falcon TNI Angkatan Udara.
Pesawat F-16 Fighting Falcon TNI Angkatan Udara. (Dispenau)

Danskadud 3 Letkol Pnb Pandu "Hornet" Eka Prayoga menyampaikan bahwa latihan ini akan menjadi momen penting bagi mereka. Karena menambah pengalaman untuk berinteraksi dalam engagement air combat exercise melawan pesawat generasi kelima yaitu F-35A RAAF, baik close combat maupun beyond visual range (BVR) combat yang merupakan pengalaman pertama mereka.

Baca: Tiga Pesawat Siluman F-35 Australia Mendatangi Kota Manado, Ada Gerangan Apa?

"Selain itu juga sebagai sarana kami untuk sharing knowledge dan pengalaman dengan counterpart dari RAAF, baik penerbang maupun teknisi. Serta sebagai sarana untuk mengukur kemampuan penerbang TNI AU dari hasil latihan profesional di satuan," ujarnya.

Pesawat tempur F-35A dari Angkatan Udara Australia.
Pesawat tempur F-35A dari Angkatan Udara Australia. (Dispenau)

Para peserta latihan Elang Ausindo 2023 diharapkan akan memperoleh lesson learned dalam meningkatkan kemampuan pertempuran udaranya untuk kepentingan operasi dan latihan. Serta siap untuk terlibat dalam latihan bersama negara dalam skala besar, seperti Latihan Bersama Multinasional Pitch Black. Selain itu, ini juga akan menjadi kesempatan bagi kedua negara untuk mempererat hubungan militer dan diplomatis mereka di masa depan.

Baca: Teknologi Informasi Jadi Penentu Perang Masa Depan, TNI AU Terapkan IoT dan Artificial Intelligence

Latma Elang Ausindo 2023 diharapkan menjadi tonggak penting sebagai Confidence Building Measures dalam menjaga stabilitas dan perdamaian regional di kawasan Indo-Pasifik. TNI AU sebagai "Ambassador in Blue", duta bangsa di bidang kedirgantaraan menjadi ujung tombak diplomasi dirgantara sekaligus benteng terdepan pertahanan udara Negara Kesatuan Republik Indonesia.
***

Berita terkini lainnya dari tim redaksi kami dapat diakses lebih cepat melalui Google News

Halaman:

Editor: Bona Cipto Ventura

Tags

Terkini

X