Menkominfo Johnny G. Plate Bertemu Menteri Prancis Oliver Becht Bahas Kelanjutan Proyek Transformasi Digital

- Rabu, 21 September 2022 | 14:35 WIB
Menkominfo Johnny G. Plate bersama Menteri Perdagangan Luar Negeri dan Daya Saing Ekonomi Prancis, Oliver Becht dalam Pertemuan Bilateral yang berlangsung di Kantor Kementerian Kominfo, Jakarta Pusat, Rabu, 21 September 2022 (Dok. Kominfo/AYH)
Menkominfo Johnny G. Plate bersama Menteri Perdagangan Luar Negeri dan Daya Saing Ekonomi Prancis, Oliver Becht dalam Pertemuan Bilateral yang berlangsung di Kantor Kementerian Kominfo, Jakarta Pusat, Rabu, 21 September 2022 (Dok. Kominfo/AYH)

JAKARTADAILY - Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G Plate bertemu Menteri Perdagangan Luar Negeri dan Daya Saing Ekonomi Prancis, Oliver Becht mendiskusikan perkembangan SATRIA-I, digitalisasi penyiaran dan pusat data nasional di Jakarta, Rabu, 21 September 2022.

Diskusi antara Pemerintah Republik Indonesia bersama Pemerintah Prancis tersebut melanjutkan pembahasan mengenai proyek kerja sama yang terdapat dalam pipeline transformasi digital Indonesia.

“Kami mendiskusikan beragam proyek yang sudah di dalam pipeline Indonesia yang berkaitan dengan transformasi digital. Diskusi pertama terkait perkembangan Proyek SATRIA-I yang dibiayai Pemerintah Perancis dan di-supply teknologi Prancis yaitu Thales Alenia,” kata Johnny G. Plate dalam pernyataan tertulis hari ini.

Pertemuan Bilateral antara Menkominfo RI dan menteri Prancis tersebut berlangsung di Kantor Kementerian Kominfo, Jakarta Pusat.

Menteri Johnny mengungkapkan kedua negara juga membahas potensi pengadaan kebutuhan satelit berikutnya seperti 2A, 2B atau 3A, 3B.

Menurutnya dari kebutuhan satelit Indonesia sebesar 1 Tbps, saat ini baru tersedia 230 Gbps dari dua satelit dengan total kapasitas 300 Gbps.

“Saat ini Indonesia masih membutuhkan lebih dari 700 Gbps. Pemerintah Prancis sangat ingin memberikan dukungan untuk pengadaan layanan satelit untuk kebutuhan transformasi digital, secara khusus infrastruktur digital Indonesia,” jelasnya

Pembahasan selanjutnya mengenai tindak lanjut rencana pembangunan digitalisasi pertelevisian atau digital broadcasting.

Menurut Menkominfo, pembiayaan Pemerintah Prancis yang didukung oleh teknologi Prancis saat ini masuk ke tahap akhir diskusi-diskusi teknis menyangkut kontrak.

Halaman:

Editor: Muhamad Al Azhari

Sumber: Kemkominfo

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Mengukur Berkah Layanan 5G bagi Indonesia

Minggu, 6 November 2022 | 13:45 WIB
X