10 Lagu Terbaik Tina Turner, dari River Deep Mountain High hingga Simply The Best

- Kamis, 25 Mei 2023 | 20:27 WIB
Tina Turner membawakan lagu (Simply) The Best dalam konser di Barcelona, Spanyol, pada 1990. (YouTube)
Tina Turner membawakan lagu (Simply) The Best dalam konser di Barcelona, Spanyol, pada 1990. (YouTube)

JAKARTADAILY.ID - Penggemar musik di seluruh dunia berduka atas kehilangan salah satu bintangnya, Tina Turner. Penyanyi kelahiran Tennessee, 26 November 1939 yang dikenal memiliki suara besar (power voice) meninggal pada 24 Mei 2023 di usia 83 tahun.

Selama kariernya yang berlangsung hampir tujuh dekade, bermula dari klub malam di Saint Louis, Missouri, mulai dikenal publik saat bergabung dengan mantan suaminya, Ike Turner, hingga panggung Hollywood, Tina Turner melakukan banyak hal untuk musik sehingga menjadi salah satu legenda musik.

Tina Turner membuka jalan bagi penyanyi wanita Afro-American untuk mengembangkan suaranya di belantika musik dunia. Ia menjadi penyanyi ikonik dan menjadi favorit bagi Beyoncé Knowles. Mantan personel Destiny's Child itu memiliki kenangan tidak terlupakan akan Tina Turner.

Baca: Diva Legendaris Pelantun Simply The Best, Tina Turner Meninggal di Usia 83 Tahun

Untuk mengenang kehidupan dan kariernya di musik, American Songwriter merilis 10 lagu terbaik Tina Turner sepanjang hampir 70 tahun karier musiknya.

1. What’s Love Got to Do with It
Salah satu lagu Tina Turner yang paling terkenal. Lagu ini menjadi hit comeback setelah hiatus cukup lama. Ditulis oleh Graham Lyle dan Terry Britten, lagu di album Private Dancer (1984) membuatnya meraih penjualan album multi-platinum. Memenangkan tiga Grammy Awards, termasuk The Best Record dan Song of the Year.

2. Proud Mary
Ditulis oleh John Fogerty dan dibawakan oleh Creedence Clearwater pada tahun 1969. Tina Turner kemudian mengkover lagu Proud Mary pada tahun 1971, mencapai nomor 4 di Billboard Hot 100.

3. I Can’t Stand the Rain
Awalnya dinyanyikan oleh Ann Peebles dan dirilis tahun 1973. Turner mengubah lagu klasik ini dengan suaranya yang menggetarkan pada tahun 1984 untuk album solonya, Private Dancer.

Baca: Kisah Dibalik Nama Band Duran Duran, Gaya Rambutnya Pernah Ngetren di Indonesia

4. Private Dancer
Judul lagu untuk album solo Tina Turner pada 1984, Private Dancer. Pertama kali direkam oleh grup new wave asal Inggris, Dire Straits. Lagu ini mencapai nomor 7 di Billboard Hot 100.

5. Goldeneye
Ditulis oleh Bono and the Edge dari U2, Goldeneye diubah oleh Turner untuk film James Bond 1995 dengan judul yang sama. Turner membuat lagu itu menjadi miliknya sendiri dan salah satu rekaman terbaiknya.

6. Be Tender with Me Baby
Ditulis oleh Albert Hammond dan Holly Knight, Be Tender with Me Baby muncul di album Turner tahun 1989, Foreign Affair. Turner menyanyikannya dengan suara ikoniknya di lagu yang dramatis ini.

7. River Deep Mountain High
Sebuah lagu cinta yang dibuat oleh Ike Turner dan Tina, River Deep Mountain High hadir di album duo Ike & Tina Turner Revue tahun 1966 dengan nama yang sama.

8. We Don’t Need Another Hero (Thunderdome)
Dibuat oleh Tina Turner untuk film distopia 1985, Mad Max Beyond Thunderdome. Dalam film tersebut, Turner berperan sebagai Aunt Entity.

Halaman:

Editor: Bona Cipto Ventura

Tags

Terkini

Kocak, Saat Pak Bas Usil, Erick Thohir Terkaget-kaget

Kamis, 17 Agustus 2023 | 20:00 WIB

Ada 10 Orang BNI Hi Movers Dalam Istana Berkebaya

Selasa, 8 Agustus 2023 | 14:24 WIB
X