Udang Nusa Dewa yang Mengejutkan, Jadi Andalan Indonesia Capai Target 2 Juta Ton Pada 2024

- Rabu, 25 Januari 2023 | 22:27 WIB
Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP) Sakti Wahyu Trenggono mendapati peningkatan produksi udang Nusa Dewa. (Foto: Kementerian  Kelautan dan Perikanan)
Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP) Sakti Wahyu Trenggono mendapati peningkatan produksi udang Nusa Dewa. (Foto: Kementerian Kelautan dan Perikanan)

JAKARTADAILY.ID - Penggemar seafood, apalagi penggila udang, mestinya sumringah nih. Bagaimana tidak, ada varian udang baru yang diberi nama keren, yaitu Udang Nusa Dewa.


Itu adalah salah satu spesies udang vaname yang bertumbuh signifikan. Pemerintah bahkan menjadikan varian unggulan ini sebagai andalan Indonesia dalam mengejar target produksi udang 2 juta ton pada tahun 2024.


Udang Nusa Dewa ini mulai dikembangkan melalui program indukan udang vaname pada Oktober 2022.

Baca Juga: ADB Kasih Pinjaman USD93 Juta untuk Majukan Budidaya Udang bagi Peternak Kecil di Indonesia


Pada kunjungannya kembali ke proyek indukan tersebut, 24 Januari 2023, dan dipublikasikan secara tertulis pada Rabu (25/1/2023), Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP) Sakti Wahyu Trenggono mendapati peningkatan produksi udang Nusa Dewa.


Itu terungkap dalam kunjungan kembali Menteri Trenggono ke Balai Produksi Induk Udang Unggul dan Kekerangan (BPIU2K) di Karangasem, Bali. Pada unit pelaksana teknis (UPT) Direktorat Jenderal Perikanan Budidaya inilah program induk udang unggul dijalankan.


"Ini kali kedua saya ke sini untuk memastikan. Dan saya surprise ternyata bukan hanya udang yang semakin baik pembangunannya atau risetnya, tapi juga ada abalone yang sudah bisa dikembangkan yang menurut saya ini satu potensi ekonomi yang bisa dilakukan masyarakat," ungkap Trenggono.

Baca Juga: Ikan Paus Bryde yang Malang, Terdampar dan Membusuk di Pantai Munggu Bali


Perkembangan program indukan Nusa Dewa menunjukkan tingkat produktivitas yang baik. Ini berdasarkan hasil uji performa multilokasi.

Halaman:

Editor: M. A. Wahad

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Awali Tahun Kelinci Air, BNI Pamer 3 Produk Unggulan

Minggu, 29 Januari 2023 | 08:13 WIB

Ada Apa di Bursa Hari Ini? 27 Januari 2023

Jumat, 27 Januari 2023 | 14:57 WIB
X