Forum Bisnis Indonesia dan Arab Saudi Perkuat Perdagangan Hadapi Tantangan Ekonomi Global

- Rabu, 25 Januari 2023 | 21:31 WIB
Forum Bisnis pelaku usaha Indonesia dan Arab Saudi di Riyadh. (Kemendag.go.id)
Forum Bisnis pelaku usaha Indonesia dan Arab Saudi di Riyadh. (Kemendag.go.id)

JAKARTADAILY.ID - Menghadapi tantangan ekonomi global terutama ancaman resesi, setiap negara harus melakukan kerja sama dalam meningkatkan perdagangan. Hal ini pula yang dilakukan oleh Indonesia dalam melakukan misi dagang ke Arab Saudi yang dipimpin oleh Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan.

Mendag menyatakan bahwa Indonesia dan Arab Saudi memiliki banyak peluang untuk meningkatkan dan mempererat hubungan perdagangan khususnya dengan melihat struktur komoditas perdagangan kedua negara.

"Di tengah krisis global yang tengah terjadi, penting bagi negara-negara di dunia, termasuk para pelaku bisnis Indonesia dan Arab Saudi agar lebih mempererat kerja sama dan kolaborasi," ujar Mendag Zulkifli Hasan di acara Forum Bisnis Indonesia Arab Saudi yang berlangsung di Riyadh, Arab Saudi.

Zulkifli Hasan menerangkan bahwa Arab Saudi merupakan negara tujuan ekspor produk nonmigas Indonesia ke-24. Dari struktur komoditas perdagangan kedua negara, masih terdapat banyak peluang untuk meningkatkan dan mempererat hubungan perdagangan ke depannya.

Baca: Mendag Bertemu Presiden SFDA, Perkuat Ekspor Produk Makanan Minuman Indonesia ke Arab Saudi

Mendag menambahkan, produk ekspor utama Indonesia ke Arab Saudi yaitu kendaraan bermotor, minyak sawit dan turunannya, ikan, produk kertas, arang kayu, dan plywood. Sementara itu, produk utama Indonesia yang diimpor dari Arab Saudi antara lain ethylene glycol, sulphur, polypropylene, polyethylene, dan besi.

"Saya yakin kita memiliki kesamaan pandangan bahwa dua negara ini akan bekerja sama lebih dalam demi kesejahteraan rakyatnya melalui penguatan sektor ekonomi, terutama melalui perdagangan, baik perdagangan produk atau komoditas dan juga jasa," ujarnya dalam keterangan yang diterima Jakarta Daily, Rabu, 25 Januari 2023.

Mendag Zulkifli Hasan menerangkan, kehadirannya bersama perwakilan dari perusahaan-perusahaan Indonesia menunjukkan komitmen untuk dapat menjalin kerja sama yang saling menguntungkan dan berkelanjutan dengan rekan bisnisnya di Arab Saudi.

Untuk memperluas akses pasar dan meningkatkan daya saing kedua negara, Indonesia telah mendapatkan dukungan dari Kerajaan Arab Saudi untuk kerja sama Indonesia dengan negara-negara dalam Gulf Cooperation Council (GCC).

Halaman:

Editor: Priyanto Sukandar

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Awali Tahun Kelinci Air, BNI Pamer 3 Produk Unggulan

Minggu, 29 Januari 2023 | 08:13 WIB

Ada Apa di Bursa Hari Ini? 27 Januari 2023

Jumat, 27 Januari 2023 | 14:57 WIB
X