Resiliensi dan Inovasi Jadi Strategi Allianz Utama Indonesia di Tahun 2022

- Selasa, 20 Desember 2022 | 16:23 WIB
Allianz Utama meresmikan Bengkel Metro 55 di daerah Jakarta Selatan sebagai anchor garage. (Allianz Utama Indonesia)
Allianz Utama meresmikan Bengkel Metro 55 di daerah Jakarta Selatan sebagai anchor garage. (Allianz Utama Indonesia)

JAKARTADAILY.ID – Memasuki kuartal IV 2022, Kementerian Keuangan mencatat bahwa pertumbuhan ekonomi dan kinerja perekonomian domestik Indonesia menguat, namun tetap perlu langkah antisipasi dan mitigasi. Inflasi dalam tren meningkat, tetapi tetap terkendali. Meskipun demikian, pandemi yang telah berlangsung selama lebih dari dua tahun membuat beberapa perusahaan asuransi harus menyusun langkah dan strategi untuk survive tanpa harus mengorbankan kualitas, termasuk PT Asuransi Allianz Utama Indonesia (Allianz Utama).

“Kontraksi ekonomi yang sempat terjadi akibat pandemi memberikan tantangan tersendiri bagi Allianz Utama. Namun, kami dengan cepat menyusun strategi agar tetap mampu memberikan yang terbaik bagi karyawan dan juga nasabah. Kami terus menggali potensi untuk mengembangkan segmen pasar dan mempersiapkan produk-produk inovatif yang dapat memenuhi kebutuhan masyarakat saat ini,” kata Sunadi, Presiden Direktur Allianz Utama Indonesia, Jakarta, Selasa, 20 Desember 2022.

Menjadi perusahaan asuransi dengan pengalaman selama 33 tahun membuat Allianz Utama terus beradaptasi dan menyikapi tantangan dan perubahan tren bisnis yang terjadi saat ini dengan mengembangkan sejumlah inisiatif kreatif untuk membuka peluang baru dalam bisnis asuransi.

Baca: Allianz Indonesia Gandeng Bank Mandiri Taspen Sediakan Asuransi Jiwa Kredit

Pada November 2022, Allianz Utama meresmikan Bengkel Metro 55 di Jakarta Selatan sebagai anchor garage. Anchor garage adalah bengkel rekanan yang menjadi pilihan prioritas dari Allianz Utama untuk semua nasabah. Yang membedakan anchor garage dibandingkan bengkel rekanan pada umumnya adalah keunggulan pelayanan yang sangat menguntungkan nasabah. Nasabah dapat mengajukan klaim dengan cara datang ke bengkel atau menggunakan layanan antar jemput gratis se-Jabodetabek; antrian prioritas untuk nasabah Allianz Utama; serta pengawasan ketat pelayanan proses klaim, SLA, dan kualitas pengerjaan atas klaim yang diajukan oleh nasabah Allianz Utama.

Dari sisi inovasi produk, di tahun 2022 ini Allianz Utama juga meluncurkan asuransi properti Simple Home Protection. Asuransi terbaru dari Allianz ini dapat memberikan perlindungan maksimal untuk rumah tinggal yang bisa dibeli oleh semua nasabah yang memiliki rumah, baik yang sudah mempunyai polis asuransi rumah tinggal maupun yang belum; karena menawarkan manfaat lebih selain dari pergantian nilai kerugian, melalui santunan ketidaknyamanan.

Selain Simple Home Protection, Allianz Utama juga memiliki rangkaian produk unggulan seperti asuransi perjalanan Allianz TravelPRO yang menawarkan mantaat perlindungan secara optimal berupa pembatalan dan perubahan perjalanan, dan pengobatan di luar negeri dengan limit yang memadai, serta dukungan jaringan Allianz Global Assistance dan juga memberikan fasilitas cashless untuk jaminan rawat inap yang memberikan kemudahan bagi nasabah; Allianz RumahKu Plus menyediakan berbagai jenis perlindungan terhadap risiko-risiko seperti kebakaran, pencurian, kerusakan harta benda, dan bencana alam seperti gempa bumi, banjir, letusan gunung berapi, dan tsunami; Allianz UsahaKu yang mampu memberikan perlindungan bisnis dari berbagai risiko; serta Allianz MobilKu untuk perlindungan risiko kendaraan dengan manfaat bantuan darurat Emergency Road Assistance selama 24 jam dan jaringan bengkel dan call center Allianz Care (24 jam).

Baca: Allianz Syariah Catat Pertumbuhan 53,5 Persen, Lampaui Rata-rata Pasar 10,2 Persen

Dari sisi pencapaian, sampai dengan bulan November 2022, Allianz Utama mencatatkan Gross Written Premium (GWP) sebesar Rp628,71 miliar. Dua lini bisnis memberikan kontribusi yang cukup tinggi, yaitu asuransi liability (tanggung gugat pihak ketiga) sebesar Rp210,82 miliar dan asuransi properti sebesar Rp195,07 miliar. Menjadi salah satu perusahaan yang paling terpercaya, Allianz Utama senantiasa membuktikan komitmennya untuk memberikan perlindungan kepada nasabah dengan membayarkan klaim sebesar Rp207,25 miliar sampai dengan November 2022. Sampai saat ini Allianz Utama memiliki lebih dari 5.800 agen tersertifikasi AAUI yang tersebar di seluruh Indonesia, yang membantu kami terhubung ke nasabah dan masyarakat.

Rangkaian inovasi yang dilakukan Allianz Utama diganjar The Most Innovative General Insurance for The Development a Digital Based Insurance Service, kategori Asuransi Umum pada Indonesia Digital Innovation Awards 2022 (Warta Ekonomi); Best Insurance 2022 with Top Financial Performance and Formidable Insurance Business Development kategori General Insurance dengan total asset 1-5T pada Indonesia Best Insurance Award 2022 (Warta Ekonomi); serta Best Brand Image kategori General Insurance <10T, pada Indonesia Best Financial Brands Award 2022 (Iconomics).

“Hasil yang kami capai sepanjang tahun ini tentu saja tidak lepas dari kerja keras seluruh karyawan kami. Meskipun tantangan pasca pandemi belum usai, kami tetap resilient untuk mencapai tujuan kami, yaitu memberikan perlindungan asuransi ke lebih banyak orang di Indonesia. Hal ini kami lakukan dengan cara mengembangkan portfolio produk, memberikan kesempatan kepada seluruh karyawan untuk berpartisipasi dalam beragam pelatihan dan pengembangan kompetensi, serta terus melakukan inovasi yang berkesinambungan,” tutup Sunadi.

***

Dapatkan berita terkini dari tim redaksi kami melalui Google News

Editor: Priyanto Sukandar

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X