Harum Kopi Indonesia Tembus Pasar Korea Selatan, Catatkan Potensi Transaksi Rp72,33 Miliar

- Senin, 28 November 2022 | 07:17 WIB
Pengunjung Seoul International Café Show 2022 menikmati kopi Indonesia. (Kemendag.go.id)
Pengunjung Seoul International Café Show 2022 menikmati kopi Indonesia. (Kemendag.go.id)

JAKARTADAILY.ID – Harum kopi Indonesia ambil bagian dalam ajang pameran kafe terbesar dan bertaraf internasional di Korea Selatan, yaitu Seoul International Café Show 2022. Dalam empat hari pameran, Paviliun Indonesia mencatatkan potensi transaksi sebesar USD 4,6 juta ekuivalen Rp72,33 miliar.

Ajang ini berlangsung pada 23–26 November 2022 di COEX Exhibition Hall, Gangnam-gu Seoul, Korea Selatan. Produk Indonesia yang paling banyak diminati yaitu kopi dan minuman herbal.

Kementerian Perdagangan melalui perwakilan perdagangan di Busan, Korea Selatan yaitu Indonesian Trade Promotion Center (ITPC) Busan berpartisipasi mempromosikan produk kopi dan minuman kafe Indonesia pada pameran tersebut. Partisipasi Paviliun Indonesia di pameran ini merupakan hasil kerja sama ITPC Busan, Atase Perdagangan Seoul, Direktorat Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional Kemendag, Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Seoul, dan BNI Seoul.

“Pada hari pertama pameran, kami melihat antusiasme pengunjung terhadap Paviliun Indonesia. Hingga hari keempat pameran, kami telah mencatat potensi transaksi senilai USD 4,6 juta. Selain kopi dan minuman herbal, camilan kafe berupa manisan dari ubi yang kami tampilkan juga menarik perhatian pengunjung. Hal itu karena adanya tren ruang belajar, atau study café, di kalangan anak muda Korea Selatan,” ungkap Kepala ITPC Busan Reandhy Putera Dharmawan dalam keterangan resmi, Minggu, 27 November 2022.

Baca: Penikmat Kopi Dunia Kian Dimanjakan, Telkom Permudah Distibusi Melalui Flatform Digital Agree

Paviliun Indonesia dalam Seoul International Café Show 2022 menampilkan berbagai produk dari 11 pelaku usaha. Ke-11 pelaku usaha yang ikut serta adalah PT Darya Padma Enoes, PT Freyabadi Indonesia, PT Bima Tikhe Berkat, CV Dewi Makmur, PT Indokom Citra Persada, CV Mitra Prima Mandiri, CV Tri Anom Agrotektur, Haris Coffee, Maristella Coffee, Ullubellu Coffee, dan satu pelaku usaha binaan Bank BNI Seoul.

Pavilliun Indonesia juga menyajikan bazar makanan dan minuman tradisional Indonesia ala angkringan. Bazar ini dikelola Dharma Wanita Persatuan KBRI Seoul sebagai bentuk promosi produk Indonesia kepada konsumen akhir.

“Promosi yang kami lakukan di Korea Selatan melalui Seoul International Café Show 2022 adalah upaya meningkatkan citra Indonesia sebagai negara yang kaya akan berbagai jenis kopi dengan sifat dan ciri khas yang beragam, berkualitas, dan bernilai lebih. Secara jangka panjang, kami pun terus berharap tidak hanya kopi, tapi semua komoditas Indonesia yang kami promosikan di Korea Selatan akan menjadi pilihan utama para calon pembeli mancanegara, khususnya Korea Selatan, dan mendorong potensi ekspor Indonesia,” kata Reandhy.

Reandhy berharap pelaku usaha Indonesia yang ikut serta dalam promosi di Korea Selatan mendapatkan pengalaman dan pembelajaran dalam memasuki pasar internasional. Café Show merupakan salah satu pameran kafe terbesar dan bertaraf internasional di Korea Selatan. Pameran yang diselenggarakan tiap tahun tersebut menampilkan produk kopi, teh, roti, pencuci mulut, es krim, cokelat, minuman, mesin dan peralatan, interior, usaha waralaba dan usaha rintisan, perlengkapan dapur, dan industri layanan makanan.

Halaman:

Editor: Priyanto Sukandar

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Awali Tahun Kelinci Air, BNI Pamer 3 Produk Unggulan

Minggu, 29 Januari 2023 | 08:13 WIB

Ada Apa di Bursa Hari Ini? 27 Januari 2023

Jumat, 27 Januari 2023 | 14:57 WIB
X