Kinerja Ekspor Indonesia Semakin Mekar, Dapat Kontrak Dagang dari China Sebesar USD 8,3 Miliar

- Jumat, 25 November 2022 | 16:25 WIB
Perwakilan Pemerintah Indonesia di China dengan pelaku usaha China. (Kemendag.go.id)
Perwakilan Pemerintah Indonesia di China dengan pelaku usaha China. (Kemendag.go.id)

JAKARTADAILY.ID - Kinerja ekspor Indonesia terus meningkat. Hal ini ditandai dengan penandatangan kontrak dagang dan Letter of Intent (LoI) antara Indonesia dengan China. Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan pun hakul yakin ekspor Indonesia ke China dapat terus meningkat.

"Penguatan kerja sama ekonomi dan perdagangan dengan China harus semakin dioptimalkan. Tujuannya agar dapat memberikan manfaat penuh bagi kedua negara. China merupakan mitra dagang utama Indonesia," ujarnya saat membuka acara 2nd Signing Ceremony Indonesia-China As Complimentary Partners secara virtual di Jakarta.

Acara tersebut juga dihadiri Duta Besar Republik Indonesia untuk China, Djauhari Oratmangun dan pelaku usaha dari China dan Indonesia.

Baca: Indonesia-China Teken Kontrak Dagang CPO dan Ikan Senilai USD 2,6 Miliar

"Penguatan kerja sama ekonomi dan perdagangan dengan China seperti ini perlu dioptimalkan agar dapat memberikan manfaat penuh bagi kedua negara,” sambungnya.

Pada acara ini, ditandatangani 16 kontrak dagang antara pelaku usaha Indonesia dan China dan 4 LoI antara perwakilan Pemerintah Indonesia di China dengan pelaku usaha China. Total nilai kontrak dagang dan LoI ini mencapai USD 8,03 miliar.

Produk ekspor yang disepakati antara lain produk pertanian terdiri atas nanas segar dan olahannya, sarang burung walet, cangkang kelapa sawit, limbah kelapa sawit, dan kopra; produk makanan olahan seperti bumbu, makanan sehat, kudapan, dan air kelapa. Juga produk kosmetik seperti produk perawatan kulit dan perawatan ibu dan anak, serta produk tambang batubara.

Mendag mengapresiasi perwakilan dagang Indonesia di China, Atase Perdagangan, dan Indonesian Trade Promotion Center Shanghai (ITPC) yang telah berupaya mewujudkan acara ini.

“Saya sampaikan terima kasih dan apresiasi kepada para Perwakilan RI di China, Atase Perdagangan, dan ITPC Shanghai, serta semua pihak yang telah bekerja keras mewujudkan pelaksanaan komitmen dagang hari ini,” kata Mendag.

Halaman:

Editor: Priyanto Sukandar

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Kebijakan Rasio Hak Ekspor CPO Tetap 1 Banding 8

Senin, 28 November 2022 | 05:18 WIB
X