JAKARTADAILY.ID - Pola pikir untuk berkembang dan terus belajar menjadi salah satu kriteria dasar yang harus dimiliki seorang pemimpin dalam menghadapi kondisi yang penuh dengan perubahan, baik di dalam negeri maupun di luar negeri. Era digitalisasi mendorong pemimpin untuk berpikir dan bertindak dengan lebih cepat serta mengikuti perkembangan zaman.
Dalam acara Bisnis Indonesia Goes To Campus, Direktur Enterprise & Commercial Banking PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI Sis Apik Wijayanto mengatakan, pemimpin pada era saat ini harus terus mengasah diri dengan mencari informasi dan pengetahuan baru dalam rangka meningkatkan keterampilan.
Baca Juga: Opsi Baru untuk Investasi, Cek Sukuk Tabungan Seri ST010 di BNI Mobile Banking
Komitmen seorang pemimpin untuk belajar juga dapat menginspirasi tim dan mendorong budaya inovasi di sebuah organisasi.
“Kualifikasi lain yang tidak kalah vital adalah kemampuan beradaptasi. Ketika dunia terus berevolusi, situasi dan tantangan tak terduga yang sebelumnya tidak kita prediksi akan lebih sering muncul. Tentunya pemimpin pada era ini juga harus mampu mendorong terjadinya perubahan dan mampu menemukan solusi kreatif,” kata Sis Apik.
Selain itu, kata Sis Apik, dengan kemajuan teknologi, pemimpin masa kini juga harus dapat berkolaborasi dan membentuk inovasi serta problem solving dalam mencapai tujuan organisasi.
Pemimpin masa kini harus mampu menjaga keseimbangan sebagai pencipta nilai (Value Creator) dan perubahan (Agent of Development) serta mampu menjaga pertumbuhan bisnis yang stabil, dengan mitigasi risiko tetap terjaga.
Baca Juga: Xpora Bantu Naikan Kredit Berorientasi Ekspor, Segini Pendapatan Bunga yang Diperoleh BNI
“Di BNI, tentunya kami menekankan pemimpin harus mampu melaksanakan transformasi khususnya dalam upaya percepatan digitalisasi proses bisnis dan eksplorasi potensi bisnis di ekosistem ini. Transformasi digital yang dilakukan oleh BNI (entitas Induk) akan fokus pada shifting transaksi nasabah ke arah digital,” kata Sis Apik.
Sis Apik mengatakan dengan agenda transformasi digital di anak usaha, khususnya Bank Mayora, BNI terus mendorong pemimpin BNI memiliki rasa juga untuk mengawal dan memastikan perjalanan transformasi yang dilaksanakan akan saling mendukung pengembangan bisnis ekosistem yang terus dikembangkan oleh BNI Group Ecosystem.
BNI akan mendorong Bank Mayora menjadi bank digital yang akan fokus melayani segmen UMKM, yang diharapkan dapat mengoptimalkan rantai pasok dari nasabah segmen yang lebih tinggi, yang saat ini dikelola oleh entitas induk.
Baca Juga: Buka Jalur ke Australia, BNI Xpora Jajaki Pasar di Negara Kangguru
“Tentunya kebutuhan pemimpin di BNI harus mampu menjawab tugas-tugas tersebut,” pungkas Sis Apik.
Artikel Terkait
Buka Jalur ke Australia, BNI Xpora Jajaki Pasar di Negara Kangguru
Nobar Final Sepakbola Sea Games, Gibran Ajak Masyarakat Pakai BNI
Xpora Bantu Naikan Kredit Berorientasi Ekspor, Segini Pendapatan Bunga yang Diperoleh BNI
Jelang BNI Java Jazz Juni 2023, Fariz RM dan Vina Panduwinata Manggung di Sarinah
Opsi Baru untuk Investasi, Cek Sukuk Tabungan Seri ST010 di BNI Mobile Banking